Selamat Datang Di Urie's Blog

Sabtu, 09 Oktober 2010

ISD


BAB.I.   Pengantar Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar


1.1.       RUANG LINGKUP ISBD :
a.    Pengantar ISBD
b.    Manusia sebagai makhluk budaya
c.    Manusia sebagai makhluk individu dan sosial
d.   Manusia dan Peradaban
e.    Manusia , Keragaman, dan kesetraan
f.     Manusia, Nilai, Norma dan Hukum
g.    Manusia, sains,teknologi dan seni
h.    Manusia dan Lingkungan

1.2.       ISBD sebagai mata kuliah bagi kehidupan bermasyarakat
Di dalam Kurikulum, ISBD masuk dalam kelompok mata kuliah Berkehidupan dan bermasyarakat (MBB) adalah kelompok bahan kajian yang diperlukan untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.

1.3.    Pengertian ISD & IBD

Ø  ISD ( ilnu sosial dasar ) :  Ilmu social yang menggunakan berbagai disiplin ilmu                                                             untuk menaggapi masalah - masalah sosial.

Ø  IBD :   Ilmu yang termasuk dalam pengetahuan budaya, mengkaji masalah                  kemanusiaan dan budaya


1.4.    Tujuan ISD & IBD

ü  Tujuan ISD :  Memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang           konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala          sosial untukmenumbuhkan kepekaan sosial.

ü  Tujuan IBD :  Mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas                    wawasan pemikitan dan kemampuan kritikal terhadap masalah                             budaya.

1.5.    Perbedaan antara ISD & IBD
NO
Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Sosial Dasar
1
Di berikan di Perguruan Tinggi
Di berikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
2
1 mata kuliah tunggal
Kelompok dari sejumlah mata pelajaran ( di Sekolah Lanjutan )
3
Diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian
Diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.


1.6.    Persamaan antara ISD & IBD
1.         Kedua-duanya merupakan bahan pembelajaran (study) untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
2.         Keduanya bukan merupakan disiplin ilmmu yang berdiri sendiri
3.         Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari dan berkaitan dengan kenyataan sosial dan masalah sosial.

1.7.    ISBD sebagai alternatif pemecahan masalah sosial budaya
ISBD sebagai integerasi dari ISD dan IBD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan kosep-konsep budayakepada mahasiswa, sehingga mampu mengkajimasalah sosial, kemanusiaan, dan budaya, sehingga diharapkan mahasiswa peka, tanggap,kritis serta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar